JENIS JENIS MOTOR ROBOT

Assalamualaikum temen temen
Kali ini saya akan menjelaskan tentang JENIS JENIS MOTOR PADA ROBOT

PENGERTIAN MOTOR/ACTUATOR
Actuator sendiri adalah komponen yang mengubah energi listrik menjadi mekanik (gerakan).

FUNGSINYA :
Dalam robot actuator berfungsi untuk menggerakan robot. Dalam robot beroda, actuator yang digunakan biasanya Motor DC yang dirangkai dengan roda. Dan robot bisa berpindah kearah yang dinginkan.

MACAM MACAM ACTUATOR/MOTOR
1.MOTOR DC
Motor DC. Adalah jenis penggerak yang menggunakan arus searah (DC) sebagai tenaganya. Arus searah ini nantinya akan dimanfaatkan oleh kumparan yang ada didalamnya dan menjadi energi mekanik. Kumparan itu disebut stator (bagian yang tidak berputar), dan bagian yang berputar disebut rotor.
 

2.MOTOR SERVO
Pengembangan dari DC Motor juga dan sudah memiliki Gear, tapi bedanya Motor Servo bisa diatur kecepatannya. Di dalamnya terdapat Potensio Meter dan Driver Motor, sehingga bisa diatur dengan derajat. Motor servo bisa digunakan untuk membuat robot berkaki.
3.MOTOR STEPPER
Prinsip kerja motor Stepper sama seperti Motor DC, sama-sama menggunakan arus searah (DC). Akan tetapi Stepper tidak berputar 360 Derajat dalam satu Step, melainkan berputar dalam beberapa step. Untuk berputar 360 Derajat, stepper bertahap 45 Derajat dahulu dan lanjut ke 45 derajat begitu seterusnya. Tergantung dari jenis dan spesifikasi Motor Stepper.

Cukup sekian........
Semoga bermanfaat......
Terima kasih......

Komentar

Postingan Populer